PROGRAM SEMESTER PAUD CUMA SELEMBAR



Para guru PAUD sebelum membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) terlebih dahulu harus membuat Rencana Program Semester (Prosem) yang biasanya Cuma selembar. Dan biasanya dibuat bersama-sama rekan guru lainnya menjelang tahun ajaran baru.

Para guru membuat Program Semester yang didalamnya berisi daftar tema dalam satu semester yang akan dikembangkan menjadi sub tema dan sub-sub tema. Dan berisi kompetensi yang ditetapkan untuk dicapai pada setiap tema, serta alokasi waktu setiap tema.

Berikut langkah-langkah membuat Rencana Program Semester (PROSEM) Cuma selembar :
  1. Membuat daftar tema satu semester. Pemilihan dan penentuan tema dilakukan para guru sebelum awal semester kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema.
  2. Mengembangkan tema menjadi sub tema atau sub-sub tema yang merupakan topiK yang lebih khusus dan lebih dalam. (Baca : Pedoman Penyusunan dan Pengembangan Tema)
  3. Menentukan alokasi waktu setiap tema, sub tema, dan atau sub-sub tema.  Waktu pembahasan disesuaikan dengan minat anak, keluasan, kedalaman, dan sumber media yang tersedia.
  4. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema. Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan yaitu Nilai agama dan moral, Sosial Emosional, Bahasa, Kognitif, Fisik Motorik, dan Seni.
  5. KD dapat dituliskan lengkap atau  kodenya saja.
  6. KD dapat diulang pada tema/sub tema/sub-sub tema yang berbeda.

Rencana Program Semester (Prosem) Cuma selembar tidak ada format yang baku, setiap lembaga diberi kebebasan membuat formatnya. Terpenting langkah-langkahnya sesuai dengan pentunjuk di atas. Sebagai gambaran berikut contoh Program Semester Cuma Selembar, silakan klik PROSEM.

 Baca dan Download : RPPH PAUD CUMA SELEMBAR

Baca dan Download : RPPM PAUD CUMA SELEMBAR

PROGRAM SEMESTER PAUD CUMA SELEMBAR PROGRAM SEMESTER PAUD CUMA SELEMBAR Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Sunday, July 05, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.