Pedoman Penyusunan dan Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD

Dokumentasi Kreatifitas Aa Fajar PAUD


Pendidikan anak usia dini adalah sebuah usaha memberikan rangsangan pendidikan kepada anak yang berada direntang usia 0 sampi 6 tahun, agar aspek perkembangan yang ada pada mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga mereka memiliki kesiapan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, dan siap berinteraksi dengan lingkungannya sesuai aturan yang berlaku.

Karena itu keberadaan pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi sangat penting. Dan menjadi penting juga untuk lembaga PAUD yang ada untuk mempersiapkan pembelajran dengan sebaik mungkin sesuai tahapan tumbuh kembang anak.

DOWNLOAD KURIKULUM PAUD 2013
Kurikulum PAUD 2013 mengggunakan pembelajaran tematik. Sebuah pembelajaran yang dianggap sesuai dengan pola kerja otak anak karena membahas satu tema dari berbagai konsep dan aspek perkembangan. Karenanya penyelenggara PAUD dalam menentukan tema yang akan digunakan dalam pembelajaran harus sesuai dengan minat anak, situasi dan kondisi lingkungan, serta kesiapan guru mengelola kegiatan.

Hal pnting yang harus diperhatikan oleh penyelenggara PAUD dalam menentukan tema adalah kebermaknaan tema dalam membangun pengalaman belajar yang bermutu bagi anak usia dini. Untuk itu, sebelum menentukan tema hendaknya penyelenggara PAUD melakukan identifikasi tema terlebih dahulu, dan mengetahui ketertarikan anak terhadap topik tertentu.

Tema adalah topik yang menjadi payung untuk mengintegrasikan seluruh konsep dan muatan pembelajaran melalui kegiatan main dalam mencapai kompetensi dan tingkat perkembangan yang diharapkan.

Download 29 Ebook Juknis PAUD

Untuk mempermdah penyelenggara PAUD dan memberikan wawasan kepada guru PAUD dalam mengembangkan tema pembelajaran, pemeritah menyusun Pedoman Pengembangan Tema dalam Pembelajaran PAUD. Pemerintah berharap pedoman ini dapat menjadi acuan bagi guru dalam mengembangkan tema di lembaga PAUD masing-masing. 

Untuk selengkapnya silakan download Pedoman Penyusunan dn Pengembangan Tema PAUD. (Klik disini)

Aa Fajar
(Guru TK Islam PB Soedirman Cijantung Jakarta Timur)



Pedoman Penyusunan dan Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD Pedoman Penyusunan dan Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Saturday, April 27, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.