Inilah Pelajaran di PAUD Menurut Bapak Kedokteran Dunia Ibnu Sina

Aa Fajar Saat di Bengkel Kreatif Rumah Komunitas Kreatif

Pada masa kini teori pembelajaran untuk anak usia dini sangat beraneka ragam. Tetapi sesungguhnya teori-teori tersebut bukanlah hal yang baru, pada masa yang sangat lampau sudah banyak ilmuwan dunia yang mengemukakannya. Salah satunya, pada abad ke 9 Masehi seorang ilmuwan terkemuka, Ibnu Sina, telah menyampaikan teori pembelajaran untuk PAUD.

Ibnu Sina yang memiliki nama lengkap Abu Ali Al-husein bin Abdullah bin Sina. Beliau lebih dikenal dengan nama Ibnu Sina atau Avicenna (Bahasa latin yang terdistorsi dari bahasa Hebrew, Aven Sina). Oleh orang arab beliau dipanggil dengan sebutan Asy-Syaikh ar-Rais, sebuah sebutan yang menunjukkan kecakapannya dalam bidang pemikiran Islam dan filsafat.

Yanuar Arifin dalam bukunya “Pemikran-pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam Dari Klasik Higga Moderen” menulis pemikiran-pemikiran Ibnu Sina tentang pendidikan, salah satunya tentang teori pembelajaran untuk anak usia dini (PAUD).

Menurut Ibnu Sina, anak usia dini sangatlah perlu diberikan mata pelajaran olahraga, budi pekerti, kebersihan, seni suara, dan kesenian. Setiap mata pelajaran ini memiliki tujuan tersendiri, oleh sebab itu pendidik PAUD harus memberikan porsi yang pas.

Baca : Guru-guru TK Belajar Coding Berbasis STEAM

Mata pelajaran olahraga bertujuan untuk membina kesempurnaan pertumbuhan fisik anak secara optimal. Oleh karenanya, pelajaran olahraga harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan usia anak, serta bakat yang dimilikinya. Jangan sampai pendidik PAUD memberikan porsi olahraga yang berlebihan pada anak usia 3-5 tahun. Sebab, porsi yang tidak tepat hanya akan membahayakan keselamatan murid.

Kemudian, menurut Ibnu Sina pembelajaran budi pekerti dirahkan untuk membekali anak agar memiliki sikap atau kebiasaan yang positif. Seperti, mampu bersikap sopan dan santun dalam pergaulan hidup sehari-hari. Pelajaran ini tentunya sangat dibutuhkan agar anak memiliki kepribadian yang luhur sejak usia dini. Sehingga, ketika mereka dewasa kelak, mereka tidak akan melakukan perbuatan yang tercela.

Mengenai pelajaran kebersihan, Bapak Kedokteran dunia tersebut menjelaskan bahwa pelajaran hidup bersih dimulai sejak anak bangun tidur, ketika hendak makan, sampai ketika hendak tidur kembali. Dengan cara tersebut, dapat diketahui anak yang telah mampu menerapkan hidup sehat dan bersih, serta berpenampilan kotor dan kurang sehat.

Adapun mengenai tujuan pelajaran seni suara dan kesenian, tokoh Islam kontroversial ini menjelaskan,  tujuannya adalah agar anak memiliki ketajaman perasaan dalam mencintai seni dan meningkatkan daya kreatifitasnya. Pada akhrnya, anak dapat menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Selain itu, pelajaran seni juga dimaksudkan untuk memperhalus budi pekerti anak yang pada akhirnya akan melahirkan kecintaan terhadap keindahan.

Baca juga : Bermain Balok di PAUD Asik dan Menyenangkan

Demikian uraian singkat tentang Inilah Pelajaran di PAUD Menurut Bapak Kedokteran Dunia Ibnu Sina. Semoga bermanfaat.

Aa Fajar
(Guru TK Islam PB Soedirman Cijantung Jakarta Timur)


Inilah Pelajaran di PAUD Menurut Bapak Kedokteran Dunia Ibnu Sina Inilah Pelajaran di PAUD Menurut Bapak Kedokteran Dunia Ibnu Sina Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Sunday, April 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.