KARAKTERISTIK KURIKULUM MERDEKA PAUD

 


Sahabat pendidik, kita tahu bahwa pemerintah melalui Kemendikbudristek sedang berusaha menerapkan Kurikulum Merdeka di semua jenjang Pendidikan, termasuk pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik formal maupun non formal.

Karenanya penting bagi guru PAUD  untuk mengetahui Kurikulum Merdeka, ibarat seorang tantara itulah senjata dan strategi perang yang terbaru. Ketika kita dapat mengenal, memahami, dan menguasainya maka kita akan dapat menggunakannya dengan baik.

Untuk itu langkah pertama kita adalah mengenali karakteristiknya. Bagaimana Karakteristik Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini?

Sebelum membahasnya, terlebih dahulu kita kenali Karakteristik Kurikulum Merdeka secara umum, bahwa Kurikulum  Merdeka dikembangkan dengan lebih fleksibel dan berfokus pada materi esensial serta pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Berikut ini beberapa karakteristik merdeka belajar yang diterapkan, antara lain:

  1. Pembelajaran yang digunakan berbasis proyek untuk mengembangkan soft skill dan karakter sesuai dengan profil belajar Pancasila. 
  2. Fokus terhadap materi esensial sehingga terdapat waktu untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar. Contohnya literasi dan numerasi. 
  3. Fleksibilitas guru untuk bisa melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik. 

Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan, diantanranya :

  1. Materi yang diajarkan lebih sederhana, mendalam, dan fokus terhadap materi esensial saja. Oleh karena itu, peserta didik bisa belajar secara lebih mendalam dan tidak terburu-buru dalam proses pembelajaran sehingga akan lebih paham dengan apa yang dipelajari. 
  2. Guru lebih leluasa untuk mengajar sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Selain itu, sekolah juga memiliki wewenang untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan satuan pendidikan dan peserta didik. 
  3. Lebih relevan dan interaktif karena pembelajaran melalui kegiatan proyek yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih aktif dan mengeksplorasi isu-isu aktual. 

Baca Juga : Tantangan Mindset Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Adapun Karakteristik Kurikulum Merdeka PAUD diantaranya :

  1. Penguatan kegiatan bermain yang bermakna sebagai proses belajar anak
  2. Menguatkan PAUD dan relevansinya sebagai fase pondasi dari pengembangan karakter anak maupun kesiapannya dalam bersekolah pada jenjang berikutnya
  3. Memberikan dorongan kecintaan pada dunia literasi dan numerasi sejak dini
  4. Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila
  5. Pembelajaran dan asesmen yang lebih fleksibel atau adaptatif
  6. Asesmen yang dijadikan pijakan guru dalam merancang kegiatan bermain dan orang tua dalam mendidik melalui bermain di rumah
  7. Menguatkan peran orang tua sebagai mitra satuan

 Untuk selengkapnya tentang Karakteristik Kurikulum Merdaka PAUD sahabat pendidik dapat menonton video berikut ini :



 

 

 

 

KARAKTERISTIK KURIKULUM MERDEKA PAUD KARAKTERISTIK KURIKULUM MERDEKA PAUD Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Tuesday, November 29, 2022 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.