Quitter, Camper, dan Climber Pasca Ramadhan

 


Bulan Ramadhan baru saja meninggalkan kita. Namun, sepeninggalnya umat Islam sudah terpecah menjadi tiga golongan. Hanya satu golongan yang benar dan mendekati puncak kebenaran, Kedua golongan yang lain statusnya Wallahu ‘alam.

Ramadhan disebut juga sebagai bulan Tarbiyah atau DIKLAT (Pendidikan dan Pelatihan) bagi umat Islam. Selama satu bulan umat Islam dididik dan dilatih fisik, akal, dan rohaninya.  Output dari diklat itu adalah menjadi manusia yang pikiran, perasaan, sikap, tutur kata, dan perilakunya baik kepada Allah SWT dan sesama manusia.

Namun, sebagaimana pendidikan dan pelatihan pada umumnya. Setelah pelatihan di bulan Ramdhan para pesertanya terbagi menjadi tiga golongan yaitu :

Pertama, Quitter. Kelompok ini setelah bulan Ramadhan enggan berusaha mengamalkan apa-apa yang dilakukannya selama di bulan puasa. Baginya bulan puasa berakhir selesai pula  beramal ibadahnya, yang tersisa hanya sholat wajib saja. Itupun dikerjakannya sesempatnya.  Bahkan sebagian dari kelompok ini cenderung melakukan kembali kemaksiatan yang dilakukannya di luar bulan Ramadhan.

Kedua, Camper. Kelompok ini cenderung statis seperti air dalam plastik tipis. Baginya ada Ramadhan ataupun tidak sama saja. Kelompok ini enggan berusaha untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas amalnya, serta kualitas dirinya terutama kualitas keimanan dan keislamannya. Kelompok ini merasa aman dan nyaman dengan kehidupan dunia dan amal ibadah untuk akhiratnya yang sudah ada.

Ketiga, Climber. Kelompok ini sepeninggal Ramadhan bertambah giat ibadahnya, senantiasa berusaha meningkatkan kuantitas dan kualitas amal ibadahnya, bersungguh-sungguh mempertahankan dan meningkatkan keimanan dan keislamannya. Kelompok ini tidak khawatir dicaci, dihina, dikriminalisasi karena mencari ilmu untuk meningkatkan kualitas dirinya demi menggapai ridho Allah SWT.

Kelompok ketiga ini benar-benar menjalankan perintah Allah SWT. Yaitu “Bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya” (QS. Al Maidah [5]

Sahabat, itulan tiga golongan sepeninggal bulan mulia, bulan berkah, bulan tarbiyah, yaitu Ramadhan. Kira-kira kita masuk yang mana?

Wallahu’alam

Syawal 1444 H/23 April 2023

Kelapa Dua Wetan 10/11/49 Ciracas Jakarta Timur

(Fajar,M.Pd. Akun Youtube, IG, Tikto : Aa Fajar Paud)

 

Quitter, Camper, dan Climber Pasca Ramadhan Quitter, Camper, dan Climber Pasca Ramadhan Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Sunday, April 23, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.