Lewat Dunia Maya Guru PAUD Tetap Dapat Membacakan Buku, Begini Cara Mudahnya!



Wabah Covid 19 belum berakhir, dan tidak bisa dipastikan kapan berakhirnya. Berbagai bidang terkena dampaknya, bukan hanya ekonomi, dunia pendidikan pun sangat merasakan dampak wabah penyakit yang berasal dari negeri China tersebut.

Sejak wabah itu datang di negeri ini pada awal bulan Maret 2020 pemerintah mulai memberlakukan kegiatan pendidikan dilaksanakan dari rumah, Learning From Home (LFH) dan Teach From Home (TFH). Semua jenjang sekolah melaksanakan instruksi tersebut, termasuk pendidikan anak usia dini (PAUD).

Sehingga mulai saat itu guru memberikan pelajaran dari rumah, dan para peserta didik menerimanya dari rumah dengan didampingi orang tua. Beruntungnya kemajuan teknologi mendukung kegiatan belajar mengajar jarak jauh tersebut, cukup menggunakan hand phone dan sekali klik kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana.

Banyak aplikasi yang mendukung kegiatan belajar mengajar saat pandemik tersebut. Asalkan ada kuota internet beberapa aplikasi bisa digunakan seperti aplikasi Zoom. Dan guru juga dapat membuat pelajaran  yang menarik, bahkan bisa menyerupai dengan pelajaran tatap muka.

Salah satunya adalah membacakan buku, yang merupakan kegiatan penting yang sering dilakukan guru PAUD. Aktifitas itu sederhana namun kaya manfaat untuk peserta didik, salah satunya untuk merangsang perkembangan bahasanya. Dan dapat juga digunakan untuk memperkenalkan nilai-nilai atau pengetahuan tertentu, seperti memperkenalkan bulan suci Ramadhan.

Meski dari jarak jauh,  kegiatan membacakan buku untuk peserta didik tetap dapat dilakukan sesuai kaidah membacakan buku pada PAUD yaitu memperkenalkan judul, nama penulis, penerbit, dan mengajak peserta didik mengenal  huruf yang ada, sebagaimana yang dilakukan oleh Aa Fajar PAUD, Melalui Channel Youtobe nya Aa Fajar mengajak anak-anak membaca buku, salah satunya membaca buku tentang Ramadhan.

Para orang tua pun merespon positif video tersebut, bahkan ada beberapa peserta didik yang berulang-ulang menontonnya dikarenakan tertarik dengan gambar yang ada. 

Berikut video Aa Fajar mengajak anak-anak membaca buku tentang puasa Ramadhan, :



Demikian informasi membacakan buku untuk anak usia dini pada kegiatan Home Learning, semoga bermanfaat.


IKUTAN YUUU BELAJAR MENULIS ARTIKEL !!!
DI KELAS MENULIS AA FAJAR PAUD
BALAJARNYA ONLINE
UNTUK INFORMASI DAN PENDAFTARAN SILAKAN KLIK 
KELAS MENULIS


Lewat Dunia Maya Guru PAUD Tetap Dapat Membacakan Buku, Begini Cara Mudahnya! Lewat Dunia Maya Guru PAUD Tetap Dapat Membacakan Buku, Begini Cara Mudahnya! Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Monday, April 27, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.