Terungkap, Beginilah Keadaan Peserta dan Kegiatan di Kelas Menulis Aa Fajar PAUD Angkatan Pertama



Menulis, semua orang dewasa pasti bisa melakukannya. Anak usia dini pun tidak sedikit yang bisa menulis, minImal menuliskan namanya. Apalagi mereka yang lulusan Sarjana, pastinya sudah memiliki pengalaman membuat karya tulis sebagai syarat kelulusan.

Hal itu menunjukkan sesungguhnya menulis merupakan kegiatan yang mudah dan dapat dilakukan  oleh siapapun asalkan pernah belajar membaca, menulis dan berhitung. Namun kenyataannya masih sedikit  yang dapat membuat tulisan, seperti artikel dan buku.

Apa yang menyebabkan mereka tidak bisa membuat tulisan padahal bisa menulis?

Penyebabnya hanya satu, yaitu mereka tidak membiasakan diri menulis. Mereka menulis hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Misal, saat ada tugas kuliah, membuat karya tulis ilmiah sebagai syarat kelulusan, atau membuat laporan seperti para guru PAUD lakukan di setiap akhir semester. Setelah itu, mereka berhenti menulis. Inilah yang menyebabkan mereka sulit membuat tulisan walau hanya membuat artikel non ilmiah.

Ada juga orang yang berusaha membuat tulisan, namun tidak pernah berhasil. Persoalannya beragam, ada yang tidak mendapatkan ide tentang tema apa yang akan ditulis. Ada juga yang sudah dapat ide, tetapi saat menuliskannya hanya bisa sampai dua paragraf, selanjutnya bingung apa yang ingin ditulis. Ada yang dapat menyelesaikan tulisannya, tetapi tidak percaya diri untuk mempublikasi kannya. Ada juga yang ingin mempublikasikan tulisannya, tetapi bingung cara mempublikasikannya.

Begitulah permasalahan orang-orang yang bisa menulis tetapi tidak dapat membuat tulisan dan yang sedang berusaha membuat tulisan. Hal itu saya temukan dari pernyataan dan pertanyaan para peserta Kelas Menulis Aa Fajar PAUD.

Peserta kelas menulis tersebut merupakan angkatan pertama, karena program itu juga perdana. Berawal dari banyaknya pembaca yang meminta agar saya membuat pelatihan menulis artikel. Dengan mengucap “Bismillah” dan niat membantu mereka yang ingin belajar membuat tulisan saya membuka kelas menulis yang saya beri nama dengan nama blog ini.

Kelas tersebut dibuka untuk umum, untuk siapapun yang ingin belajar menulis dari 0. Dan dibuka hanya untuk 50 orang, serta pembelajarannya  dilakukan secara online. Jumlah peserta dibatasi 50  agar efektif. Karena berdasarkan pengalaman, pelatihan menulis dengan jumlah peserta banyak tidaklah efektif terutama saat melakukan bimbingan.

Pada kelas menulis tersebut para peserta mendapatkan materi tentang kiat-kiat menjadi penulis artikel yang produktif, pengetahuan tentang artikel, teknik menulis, membuat blog, dan mempublikasikan tulisannya.

Harapannya, setelah mengikuti kelas menulis para peserta dapat membuat artikel ilmiah populer dan mempublikasikannya, dan memiliki blog pribadi untuk mempublikasikan tulisan-tulisannya. Dimana ini akan menjadi modal mereka untuk membuat tulisan yang lebih kompleks seperti artikel ilmiah dan buku. Bahkan menulis buku akan menjadi mudah jika mereka rutin membuat tulisan di blog, karena tidak sedikit para penulis membuat buku dari tulisan-tulisan yang mereka publikasikan di blognya.

Selanjutnya, kelas  Menulis Aa Fajar PAUD (KMAP) membuka pendaftaran untuk kelas berikutnya yang akan dimulai pada awal Bulan Mei. Untuk itu bagi pembaca yang ingin belajar bersama menulis dari 0 silakan bergabung di Channel Pendaftaran KMAP, silakan klik DAFTAR untuk bergabung ke channel tersebut.

Terungkap, Beginilah Keadaan Peserta dan Kegiatan di Kelas Menulis Aa Fajar PAUD Angkatan Pertama Terungkap, Beginilah Keadaan Peserta dan Kegiatan di Kelas Menulis Aa Fajar PAUD Angkatan Pertama Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Saturday, April 18, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.