Karena Corona, Beginilah Pembagian Rapot dan Pelepasan TK B Tahun ini



Guru membuat dan menyerahkan laporan hasil belajar siswa merupakan kegiatan yang sudah rutin dilakukannya. Salah satunya di akhir tahun ajaran. sebagai tanda siswa berhak atau tidak untuk melanjutkan ke pendidikan selanjutnya. Guru semua jenjang pendidikan membuat laporan tersebut, termasuk pada level pendidikan anak usia dini (PAUD).

Walaupun mereka sama membuat laporan hasil belajar siswa, namun berbeda bentuk pelaporannya. Jika pada pendidikan sekolah dasar pelaporannya menggunakan angka. Pada pendidikan anak usia dini menggunakan simbol dan  narasi, seperti simbol MB kepanjangan dari Mulai Berkembang yang menunjukkan anak mulai mampu melakukan kegiatan sesuai indikator pada aspek perkembangan tertentu.

Adapun narasi, ditulis untuk menjelaskan pencapaian perkembangan siswa pada aspek perkembangannya beserta hambatan dan rekomendasi yang perlu dilakukan orang tua agar capaian perkembangannya meningkat. Satu persatu aspek perkembangan anak dijelaskan dalam bentuk narasi, jika ada 6 aspek perkembangan maka guru membuat 6 narasi.

Itulah sedikit perbedaan laporan hasil belajar siswa antara PAUD dengan jenjang pendidikan di atasnya. Namun walaupun berbeda, laporannya sama-sama diberikan pada akhir tahun ajaran dengan teknis yang secara umum sama yaitu orang tua hadir ke sekolah dan ada konsultasi atau berupa pelaporan secara lisan beserta saran kepada orang tua dan orang tua mengajukan pertanyaan tentang keadaan anaknya.

Dan untuk siswa yang berada di kelas akhir, semua sekolah sama, ada seremonial sebagai tanda telah selesai mengikuti pendidikan pada jenjang tersebut, seperti di Taman Kanak-Kanak yaitu siswa kelas B, mereka telah lulus dan akan melanjutkan ke sekolah dasar. Jika di perguruan tinggi semacam “Wisuda”, kalau di TK disebut Pentas Seni Akhir Tahun atau Akhirussanah.

Biasanya acara seremonial akhir tahun di TK menampilkan kebolehan siswa-siswi dari semua kelas, baik dari Kelompok Bermain, TK A, maupun TK B. Dan juga ada acara penyematan mendali untuk peserta didik kelas B sebagai tanda mereka telah lulus dan berhak melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya yaitu sekolah dasar. 

Begitulah gambaran singkat pelaksanaan penyerahan laporan hasil belajar siswa dan kegiatan seremonial akhir tahun atau pelepasan siswa TK B. Setiap tahun cara dan nuansanya sama, kalaupun berbeda hanya tempat dan tema serimonialnya saja. Untuk rangkaian acaranya dari tahun ke tahun sama.

Namun, untuk laporan dan seremonial pada akhir tahun ajaran ini (2019-2020) berbeda. Terutama berbeda cara dan suasananya, dikarenakan pada tahun ini negara kita sedang meghadapi wabah Covid 19. Sehingga sekolah harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan dan keadaan sekolah.


Seperti di sekolah TK Islam PB Soedirman tempat Aa Fajar mengabdi. cara dan suasana pembagian laporan perkembangan siswa pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, termasuk acara pelepasan peserta didik kelas B nya pun sangat berbeda.

Untuk pengambilan laporan (Rapot) tahun ini, pihak sekolah membaginya menjadi tiga hari yaitu tanggal 24,25,dan 26 Juni 2020. Dikarenakan setiap  kelas ada 25 siswa dan pada hari ketiga jumlah yang hadir harus sedikit karena bersamaan dengan unit lain (SMK, SMP dan SMA), maka hari pertama yang mengambil rapot ada 10 siswa, hari kedua juga 10 siswa, dan hari ketiga ada 5 siswa. Waktu hadirnya pun bergantian dan orang tua diperkenankan berada di sekolah hanya 30 menit. Untuk TK B sudah termasuk dengan foto prosesi pelepasan.

Orang tua dan siswa diwajibkan mematuhi protokol kesehatan  yaitu masuk dan keluar pada pintu gerbang yang berbeda, menggunakan masker dan face shield, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, tidak diperkenankan membawa bayi dan anak selain siswa.

Begitu juga dengan guru dan karyawan, mereka wajib mematuhi protokol pencegahan Covid 19 yaitu tiba di sekolah langsung mencuci tangan, cek suhu badan, menggunakan masker dan face shield, dan menggunakan sarung tangan. Lingkungan sekolah pun disemprot disinfektan pada pagi hari dan sore hari, terutama ruang kelas. Di luar kelasnya pun tersedia cairan hand sanitizer.

Untuk seremonial pelepasan peserta didik TK B dilakukan dengan sangat sederhana, yaitu siswa dari rumah sudah menggunakan seragam yang telah ditentukan, di sekolah mereka dipakaikan jubah (Kami menyebutnya jubah wisuda) dan mendali, kemudian foto di atas panggung sambil memegang ijazah dan mendali, lalu foto bersama orang tua dan guru, terakhir foto bersama kepala sekolah.

Nantinya foto-foto mereka akan dijadikan video lengkap dengan sambutan kepala sekolah dan persembahan dari bapak-ibu guru. Video tersebut akan diberikan ke siswa dalam bentuk CD, serta diunggah ke akun youtube sekolah.

Berikut ini video suasana sekolah sesuai protokol kesehatan agar orang tua dan siswa nyaman saat berada di sekolah untuk mengambil laporan akhir tahun (rapot) dan mengikuti prosesi foto pelepasan siswa TK B :





Karena Corona, Beginilah Pembagian Rapot dan Pelepasan TK B Tahun ini Karena Corona, Beginilah Pembagian Rapot dan Pelepasan TK B Tahun ini Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Wednesday, June 24, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.