Guru PAUD Harus Tahu, Ini Dua Doa yang Penting Diajarkan dan Dibaca Saat Ajaran Baru Nanti



Para pejuang PAUD, tahun ajaran baru 2020-2021 akan dimulai esok hari Senin 13 Juli 2020. Kita tahu pembelajarannya akan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini pun orang tua, guru, dan anak-anak suasana hatinya masih penuh kehawatiran.

Khawatir merupakan perasaan yang wajar dalam diri seseorang, apalagi ada keadaan dari luar diri yang mendukungnya. Kita tahu, dari bulan Maret keadaan negara kita sangat menghawatirkan karena hadirnya virus corona.

Dan hingga saat ini jumlah orang tertular virus yang mematikan itu angkanya terus meningkat. Beberapa wilayah telah berubah menjadi zona merah. Sehingga, sesuai aturan, sekolah yang berada di zona merah tidak diperbolehkan mengadakan kegiatan belajar mengajar langsung di sekolah.

Begitulah dampak dari penyebaran virus corona terhadap dunia pendidikan. Bukan hanya berdampak kepada kegiatan pembelajaran, pastinya juga berdampak terhadap psikologi orang tua, guru, dan termasuk peserta didik.

Para orang tua khawatir jika diri dan anaknya beraktifitas di luar rumah. Guru juga khawatir beraktifitas di sekolah. Begitu juga dengan peserta didik. Mereka semua khawatir. Tentunya, khawatir terkena penyakit yang hingga saat ini obatnya belum ditemukan.

Perasaan khawatir merupakan hal yang wajar. Tetapi jika berlebihan, hingga menjadi was-was, hal ini yang perlu dihindari. Karena perasaan was-was merupakan bisikan setan. Begitulah Allah Swt mengabarkan sebagaimana yang tercatat di dalam Alquran surat Annas.

Karenanya, kita perlu berlindung dari perasaan was-was. Dan tentunya juga kita perlu memohon perlindungan kepada Allah Swt dari terkena penyakit, terutama penyakit corona yang menurut data terkini di Indonesia ada 74.018 orang yang terkena. Berlindung kepada Allah dengan cara senantiasa membaca doa.

Dan sebenarnya, berdoa merupakan kegiatan yang sudah biasa dilakukan di sekolah, terutama sekolah yang berlandaskan agama. Biasanya pada pagi hari, sebelum memulai pelajaran, peserta didik membaca doa bersama guru. Seperti di sekolah penulis, kami menyebutnya ikrar dan doa pagi.

Yaitu membaca syahadat, kemudian membaca “Rodhitubillahi robba wabil islammidina wabimuhammadin nabiyyaw warrasula wa bilqurani imama wa hakama”. Dilanjut membaca doa pagi “Allohumma inni as’aluka ilman nafia wa rizqon thoyyiban wa amalan mutaqobbala”.

Para pejuang PAUD pasti juga sering membaca doa bersama anak-anak di sekolah, minimal membaca doa mau belajar. Untuk itu, sepatutnya pada pembelajaran jarak jauh membaca doa bersama tetap dilakukan dan bacaan doanya perlu ditambahkan yaitu membaca doa perlindungan agar terhindar dari penyakit dan perasaan was-was.

Berikut ini bacaan doa yang para pejuang PAUD bisa ajarkan dan  baca bersama anak-anak. Bisa saat zoom class atau pada video singkat saat menyapa anak-anak di pagi hari :

Sumber Gambar Yufid TV
Doa tersebut termasuk zikir, dapat dibaca pada pagi dan sore hari sebanyak tiga kali. Sebagaimana pesan Nabi Muhammad saw : "Barang siapa yang membaca zikir tersebut sebanyak tiga kali di pagi hari dan sore hari, maka tidak akan ada sesuatu pun yang membahayakan dirinya." (HR.Abu Daud, Tirmizi, Ibnu Majah).

Baca Juga : Cara Membacakan  Buku yang Menarik Menggunakan Zoom di HP

Para pejuang PAUD dan orang tua dapat memperkenalkan doa tersebut kepada anak-anak dan membacanya sebelum memulai pelajaran. Kemudian ditambah lagi dengan doa perlindungan dari penyakit yaitu :
Sumber Gambar : Yufid TV
Doa tersebut diajarkan oleh Rasulullah saw agar orang-orang Islam terhindar dari penyakit. Doa itu bersumber dari hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Arti dari doa tersebut "Yaa Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit yang buruk lainnya.".

Rekan-rekan pejuang PAUD dapat mengajarkan dan membaca doa tersebut setiap hari bersama anak-anak secara online sebelum mulai  pembelajaran inti.

Insya Allah, dengan rutin membaca kedua doa tersebut kita dan anak-anak didik kita akan terjaga dari segala penyakit termasuk corona dan terhindar dari perasaan was-was yang merupakan bisikan syaithan. Dan semoga Allah mengangkat corona dari negeri yang kita cintai ini.

Aamin

Baca Juga : Lagu PAUD Bernuansa Islami


Guru PAUD Harus Tahu, Ini Dua Doa yang Penting Diajarkan dan Dibaca Saat Ajaran Baru Nanti Guru PAUD Harus Tahu, Ini Dua Doa yang Penting Diajarkan dan Dibaca Saat Ajaran Baru Nanti Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Sunday, July 12, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.