Pengalaman Literasi Warbysah Bersama Anak-Anak yang Menyenangkan (As-Sa'adah)

 


Alhamdulillah, kemarin saya mendapatkan pengalaman literasi warbyasah. Setelah lama menggeluti dunia menulis, baru pertama itu saya mengikuti acara yang warbyasah inspiratif dan motivatif. Bagaimana tidak warbyasah, acara tersebut diikuti oleh 55 penulis cilik.

Pada hari Sabtu, 05 September 2020, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Assa’adah mengadakan workshop literasi untuk peserta didik kelas 5. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ibu Intan Sari Chusnul Chotimah,S.Si  dan diselenggarakan secara online itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa terutama dalam menulis cerita.

Ibu Kepala Sekolah menyampaikan bahwa selama pembelajaran online, pastinya para peserta didik mendapatkan pengalaman baik suka maupun duka. Sangat sayang jika pengalaman berharga itu hilang begitu saja, akan lebih baik dan bermanfaat jika peserta didik dapat menuliskannya. Dan kemudian dikumpulkan menjadi sebuah buku antologi.

Karena itu pihak sekolah memfasilitasi kegiatan literasi untuk mengasah kemampuan menulis, agar peserta didik dapat menuliskan pengalamannya menjadi sebuah cerita inspiraif dengan mudah dan menyenangkan. Dan mengundang saya, Aa Fajar, untuk memberikan siraman spirit literasi dan cara menulis yang mudah dan asyik.

Sekolah Islam yang berada di Jalan Jaha Kelurahan Kali Sari itu menamakan workshop tersebut “Achievement Motivation Training” (AMT) dengan tema “Membangun Budaya Literasi Digital Menuju Assa’adah Berkarakter”.

Kegiatan yang diselenggarakan melalui aplikasI Zoom itu akan dilakukan dua kali. Pertama, Sabtu 05 Sepetember 2020 untuk peserta didik kelas 5 yang berjumlah 55 anak. Kedua, Sabtu 12 September 2020 untuk peserta didik kelas 6 yang berjumlah 74 anak. Acara berlangsung selama 4 jam, dari jam 08.00-12.00 WIB.

Pada sesi pertama, para peserta wokshop mendapatkan materi tentang kepenulisan berupa motivasi dan cara menulis yang mudah dan asyik. Berbagai informasi tentang manfaat menulis mereka dapatkan, salah satunya sebagai sumber pahala atau ladang amal jariah. Sebuah pahala yang sangat didambakan oleh orang-orang yang beriman kepada Allah Swt.

Pada sesi yang berlangsung dua jam itu, mereka juga mendapatkan “Chalenge” berhadiah tiga buah ebook kisah Sahabat Rasulullah saw untuk lima orang pertama yang berhasil menyelesaikannya. Chalenge tersebut berupa tantangan menulis pengalaman yang telah mereka lakukan. Sehingga chalenge tersebut bukan sekadar tantangan, tetapi pelatihan. Yaitu berguna untuk melatih kemampuan mereka dalam mengungkapkan pengalaman yang ada di memori menjadi rangkaian kata-kata di atas kertas.

Pada sesi kedua, yang dimulai setelah break, para peserta praktek menulis dengan dibimbing langung oleh Aa Fajar. Setelah dijelaskan tentang judul, pembukaan tulisan, isi, penutup, cara menulis, dan mencontohkannya, jari-jari mereka langsung menari-nari bersama pensil di atas kertas.

Tahap pertama mereka disuruh menulis satu paragraf. Dan Tidak perlu waktu lama, beberapa peserta sudah berteriak “Sudah Kak”. Kemudian secara bergiliran mereka membacakan hasil goresan tangannya itu. Subhanallah.... tulisan mereka keren-keren. Sehingga saya hanya sedikit mengomentari dan memberi masukan.

Selesai membaca, mereka melanjutkan menulis paragraf selanjutnya dengan mengikuti saran dari saya. Begitu seterusnya, sehingga pada sesi kedua itu mereka sudah menghasilkan satu karya tulisan. Sebuah tulisan yang menunjukkan bahwa membuat tulisan itu mudah dan asyik.

Terimakasih SDIT As-sa’adah telah memberikan pengalaman warbyasah kepada saya dan para penulis cilik yang menyenangkan (Sa'adah). Lancar dan sukses program literasinya dan semoga Allah Swt mudahkan proses pembuatan buku antologinya. Serta menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain sehingga dapat mengikuti jejak warbyasah tersebut.

 

Aaamin.

 

Pengalaman Literasi Warbysah Bersama Anak-Anak yang Menyenangkan (As-Sa'adah) Pengalaman Literasi Warbysah Bersama Anak-Anak yang Menyenangkan (As-Sa'adah) Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Sunday, September 06, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.