Keren, Guru-Guru Pendidikan Masjid Nurul Hikmah Belajar Berkisah dan Mendongeng


Salah satu ciri sekolah berkualitas adalah rutin mengadakan dan memberikan pelatihan untuk guru-gurunya. Seperti yang dilakukan oleh lembaga pendidikan masjid nurul hikmah. 

Pada hari ini, Sabtu 22 Januari 2022, lembaga pendidikan yang aktifitasnya di lingkungan masjid nurul hikmah Kelapa Dua Wetan, Ciracas Jakarta Timur itu mengadakan pelatihan berkisah dan mendongeng. 

Pelatihan itu diikuti oleh guru dari semua unit pendidikan yang ada, yaitu Kelompok Bermain (KB), Raudhatul Athfal (RA), BIMBA, Taman Pendidikan Alquran (TPQ), dan Kelas Tahfidz. 

Foto Bersama Kak Maulana Selesai Pelatihan

Bukan hanya guru-gurunya, para pendidik dari lembaga lain pun ikut serta pelatihan yang trainernya Kak Maulana itu. 

Pada kesempatan itu Kak Maulana memberikan teori dan trik-trik mendongeng dan berkisah yang menarik, efisien, dan efektif. 

Salah satu materinya adalah tentang merubah suara. Dimana suara ini menjadi daya tarik untuk anak-anak sebagai pendengar utamanya. 

Pada akhir pelatihan nara sumber yang sudah lama melintang di dunia dongeng itu meminta beberapa peserta untuk praktek mendongeng. 

Namanya juga baru belajar dan harus mendongeng bukan dihadapan anak-anak pastinya tidak mudah, maka para peserta yang maju berceritanya sambil menggerakkan anggota tubuh dengan sesekali mengucapkan kalimat yang tidak perlu. 

Tetapi yang pasti semua hal butuh proses. Kesuksesan menguasai ilmu dengan proses pengamalan. Semakin sering dipraktikkan akan semakin lancar dan menjadi ahli. 

Karenanya diakhir acara, Aa Fajar selaku Kepala Pendidikan Masjid Nurul Hikmah berpesan kepada para peserta agar terus berlatih dengan cara sering berkisah ke peserta didik dan anak kandung sendiri. 

"Nanti setelah ini silakan dipraktikkan di lembaganya, insya Allah jika sering berkisah, mendongeng, nanti jadi bisa dan lancar" pesan Aa Fajar  kepada peserta yang mayoritas ibu-ibu itu. 

Keren, Guru-Guru Pendidikan Masjid Nurul Hikmah Belajar Berkisah dan Mendongeng Keren, Guru-Guru Pendidikan Masjid Nurul Hikmah Belajar Berkisah dan Mendongeng Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Saturday, January 29, 2022 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.