Vibrasi Semangat Hijriah Ratusan Jamaah Berasa di Acara Festival Pendidikan Masjid Nurul Hikmah 2 Memeriahkan Tahun Baru Islam 1444 H

 


Alhamdulillah, pada hari Sabtu 06 Agustus 2022, Pendidikan Masjid Nurul Hikmah mengadakan kegiatan Festival Pendidikan dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1444 H. Seru, 300-an peserta mengikuti Lomba Islami di acara tersebut.

Umat Islam baru beberapa hari memasuki bulan Muharam yang merupakan bulan pertama pada kalender hijriah. Hijriah selain bermakna berhijrah (pindah) secara fisik dari satu tempat ke tempat lain, juga bermakna berpindah secara mental/perilaku/sikap dari yang kurang/tidak baik/biasa menjadi lebih baik.

Umat Islam yang memahami makna kedua tersebut senantiasa bersemangat meningkatkan kualitas dirinya baik ilmu, iman, sikap, amaliah, dan kemampuan lainnya baik untuk dunia terlebih aktifitas untuk akhiratnya.

Namun kesadaran akan hal tersebut  di kalangan umat Islam masihlah minim karenanya perlu stimulasi  edukasi. Sebaik-baik pemberian stimulasi edukasi adalah sejak usia dini melalui kegiatan yang menyenangkan dan menantang seperti acara “lomba islami” yang diselenggarakan oleh Pendidikan Masjid Nurul Hikmah.

Berbagai lomba islami diadakan oleh lembaga Pendidikan yang beralamat di Jl.Randu RT 07 RW 11 Kelapa Dua Wetan Ciracas Jakarta Timur itu, serta ditujukan untuk anak usia dini (3 – 7 tahun), Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama.

Adapun jenis lomba yang diadakan oleh Lembaga yang resmi terdaftar di kementerian Agama tersebut yaitu Lomba Adzan, Tilawatil Quran, Hafidzul Quran, Hadis dan Doa Harian, Mewarnai, Menggambar, dan Cerdas Cermat.

Lomba bukanlah tujuan utama, menang – kalah hanyalah hasil penilaian juri bukan pilihan diri, mendapatkan hadiah merupakan bonus, yang terpenting dari iru adalah niat “fastabiqul Khoirot”  berpacu dalam kebaikan karena Allah SWT, berkolaborasi membentuk lingkungan yang baik, dan merefleksi kemampuan diri.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan Aa Fajar pada salah satu pesannya ketika menyampaikan sambutannya “teman-teman luruskan niat hadir kesini dalam rangka fastabiqul khoirot karena Allah SWT, bukan karena yang lain, insya Allah niat teman-teman itu dicatat dan  teman-teman sudah mendapatkan pahala dari Allah SWT”. Kata Aa fajar selaku Kepala Pendidikan Masjid Nurul Hikmah mengakhiri sambutannya sebelum membuka acara yang diikuti berbagai lembaga Alquran itu.

Pada acara tersebut turut hadir Ketua POKJA TPQ Kecmatan Ciracas, Ustadzah Daryani yang mendampingi santriwan-santriwatinya. Karenanya panitia tidak ingin melewatkan momen baik tersebut, mereka meminta agar ibu Ketua POKJA TPQ memberikan sambutan pada acara pembukaan.

Alhamdulillah, para peserta sangat bersemangat mengikuti lomba yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi 1 jam 08.00 - 10.00, Sesi 2 jam 10.30 - 14.00. Para pengantar (orang tua dan guru) pun tidak kalah semangatnya, begitu juga dengan panitia. Meski lelah mempersiapkan dan mengatur acara, mereka tetap semangat. Vibrasi semangat mereka sangat berasa.

Semoga semangat mereka dapat memvibrasi, menyebar membentuk sinyal-sinyal semangat hijrah ke lingkungan sekitar terkhusus di lingkungan Kelapa Dua Wetan Ciracas Jakarta Timur.






 

 

Vibrasi Semangat Hijriah Ratusan Jamaah Berasa di Acara Festival Pendidikan Masjid Nurul Hikmah 2 Memeriahkan Tahun Baru Islam 1444 H Vibrasi Semangat Hijriah Ratusan Jamaah Berasa di Acara Festival Pendidikan Masjid Nurul Hikmah 2 Memeriahkan Tahun Baru Islam 1444 H Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Sunday, August 07, 2022 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.