Inilah Buku yang Layak Dimiliki Guru PAUD dan Orang Tua untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak



Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan upaya memberikan rangsangan pendidikan kepada anak  usia dibawah sekolah dasar untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak agar berkembang dengan baik sehingga anak memiliki kesiapan memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Salah satu aspek perkembangan anak yang perlu diberikan rangsangan adalah perkembangan bahasa. Dan di PAUD, umumnya kemampuan berbahasa yang menjadi perhatian khusus agar anak memiliki kesiapan memasuki sekolah dasar adalah kemampuan membaca.

Anak usia dini memang tidak diharuskan belajar membaca. Bahkan sebagian kalangan melarang keras pelajaran keaksaraan tersebut. Karena pelajaran terpenting dan utama untuk anak usia dini adalah pelajaran adab atau karakter.

Namun, pada jenjang pendidikan selanjutnya secara tidak langsung menuntut anak harus memiliki kemampuan membaca. Jika tidak, anak akan tertinggal pelajaran karena semua buku pelajarannya hanya bisa digunakan oleh anak yang sudah lancar membaca.

Karena itulah para guru di PAUD mau tidak mau harus mempersiapkan anak didiknya agar memiliki kemampuan membaca. Minimal, anak dapat mengenal suku kata, kata, dan kalimat sederhana sebagai bekal  agar dapat mengikuti pelajaran yang sangat berbeda dengan sekolah dasar zaman penulis dulu.


Sehingga guru PAUD harus dapat merancang  pelajaran keaksaraan yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. Termasuk juga membuat modul atau buku latihan membaca. Sebaik-baik metode membaca untuk anak usia dini adalah yang aman dan mudah. Artinya  sesuai dengan tumbuh kembang anak, tidak bersifat memaksa terutama memaksa otak mereka yang belum matang, dan anak dapat mengikutinya dengan mudah dan senang.

Untuk itu guru PAUD perlu membuat atau memiliki buku latihan membaca  yang aman dan mudah untuk anak. Bukan hanya aman dan mudah,   kata-katanya pun harus positif dan ada yang bernuansakan religi. Sehingga buku itu selain dapat menstimulasi perkembangan bahasa, juga dapat menstimulasi nilai-nilai agama dan moral anak.

Seperti buku “Anak Islam Suka Membaca”. Buku ini aman dan mudah untuk anak usia dini belajar membaca. Pembelajarannya bertahap dari sederhana ke kompleks, memperkenalkan kata dari yang dekat ke yang jauh dari dunia anak.

Buku tersebut juga disertai gambar-gambar yang menarik untuk anak mengenal kata sambil mewarnai. Dan kata-katanya pun positif dan bernuansa religi sehingga sangat baik untuk  menstimulasi perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak.

Buku “Anak Islam Suka Membaca” terdiri dari 5 jilid. Setiap jilid ada petunjuk mengajarkannya, sehingga guru atau orang tua dapat menggunakannya  dengan efektif. Harganya pun sangat terjangkau, dengan uang lima puluh lima ribu rupiah guru atau orang tua sudah bisa memiliki kelima buku belajar membaca yang aman, mudah, dan religius tersebut. 

Guru dan orang tua yang ingin mendapatkan informasi dan memiliki buku "Anak Islam Suka Membaca" bisa menghubungi Aa Fajar, silakan klik Assalammu'alikum.


Inilah Buku yang Layak Dimiliki Guru PAUD dan Orang Tua untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Inilah Buku yang Layak Dimiliki Guru PAUD dan Orang Tua untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Friday, June 26, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.