Ular Tangga, Permainan Sederhana yang Mencerdaskan dan Mensolehkan Anak


Ular naganya bukan kepalang, menjalar-jalar selalu kian kemari.....” Begitulah lirik dari permainan ular-ularan yang biasa dimainkan oleh anak-anak bersama Ibu guru di sekolah atau terkadang anak-anak bermain tanpa guru di halaman sekolah.

Ular, selain permainan berbaris memanjang lalu berputar melewati terowongan dari tangan sambil bernyanyi lagu di atas yang dikenal dengan bermain “ular naga”. Ada juga permainan ular lainnya yang tidak kalah serunya. Bukan hanya menyenangkan, tetapi juga sangat mengedukasi anak-anak yaitu ular tangga.

Permainan ular tangga bentuknya sangat sederhana. Bapak dan Ibu guru yang seangkatan dengan penulis  dulunya pasti sering memainkannya. Hanya kertas karton selembar, ukurannya kecil, ada gambar orang, ular dan tangga yang melintasi beberapa kotak, jumlah kotaknya 50 ada juga yang sampai 100, serta dilengkapi dengan dadu dan bidak. Dan sangat praktis, sehingga dapat dibawa kemanapun.

Cara bermainnya pun sangat mudah. Setiap orang memiliki satu bidak. Pada awalnya semua bidak berada di kotak Start (Kotak nomor 1). Kemudian para pemain mengadakan pemilihan (dengan jari yang biasa disebut suit atau adu jari) untuk menentukan siapa yang memulai jalan terlebih dahulu dan urutan berikutnya.

Jumlah kotak yang akan dilalui tergantung hasil dadu yang dilemparnya. Jika dadu menunjukkan angka 5, maka si pemain menjalankan bidaknya sebanyak 5 kotak. Dan jika dikotak tersebut ada tangga atau buntut ular maka si pemain dapat menaikkan bidaknya ke atas sesuai ukuran tangga atau panjang tubuh ularnya. Begitu juga sebaliknya, jika saat di baris atas bidaknya masuk pada kotak yang ada ujung bagian atas tangga atau kepala ularnya maka bidaknya harus turun mengikuti arah tangga atau tubuh ular. Pemain yang bidaknya pertama sampai ke kotak finish, dialah pemenangnya.

Permainan ular tangga ini sangat sederhana, namun sangat bermanfaat untuk anak-anak terutama untuk anak usia dini. Permainan yang tergolong sebagai alat permainan edukatif (APE) dan harganya yang sangat terjangkau ini sangat bermanfaat untuk menstimulus aspek-aspek perkembangan anak, diantaranya :

Perkembangan Nilai-nilai Agama dan Moral (NNAM)
Permainan ular tangga dapat menstimulasi perkembangan NNAM anak diantaranya bersabar, karena anak harus mengantri menunggu giliran menjalankan bidaknya dan bersabar ketika bidaknya harus turun kembali ke kolom bawah. Jujur, pemain harus jujur ketika menghitung jumlah kotak yang dilalui bidaknya harus sesuai dengan angka dadu yang diperolehnya. Dan ada juga ular tangga yang bernuansakan Islami, didalamnya ada gambar dan tulisan-tulisan islami sehingga dapat menstimulasi kecerdasan spiritual anak.

Ular Tangga Islami 
Perkembangan Sosial Emosional
Permainan ular tangga ini jumlah pemainnya lebih dari satu, sehingga membentuk sekumpulan orang yang saling berinteraksi dengan aturan yang telah disepakati. Disinilah perkembangan sosial emosional anak terasah. Anak juga belajar menghargai hasil yang diperoleh baik oleh teman maupun dirinya sendiri. Dan hal lainnya terkait SOSEM sama seperti yang sudah disampaikan pada perkembangan NNAM.

Perkembangan Kognitif
Permainan ular tangga menggunakan dadu angka, ada bentuk kotak beraneka warna yang didalamnya ada tulisan angkanya, saat berjalan anak harus menghitung jumlah kotak sesuai angka dadu yang diperolehnya. Sehingga secara tidak langsung anak belajar tentang konsep bilangan, berhitung, mengenal bentuk dan warna, serta penjumlahan sederhana. Bahkan di ular tangga islami dadunya menggunakan angka arab, sehingga anak dapat mengenal angka arab sederhana.

Perkembangan Bahasa.
Khusus pada ular tangga islami ada tulisan-tulisan positif, seperti “Menolong Teman”, “Hidup Terarah”, “Sholat 5 Waktu” dan lainnya. Orang tua atau guru dapat mengenalkan kata-kata tersebut kepada anak. Sehingga selain mengenal nilai-nilai kebaikan anak juga memperoleh stimulus untuk perkembangan bahasanya.


Perkembangan Fisik Motorik
Permainan ular tangga ini ada kegiatan mengocok dan melempar dadu, memegang bidak dengan jari dan menjalankannya. Sehingga sangat baik untuk menstimulus perkembangan motorik anak terutama motorik halusnya.

Perkembangan Seni
Permainan ini mengandung nilai seni. Gambar-gambar yang ada dengan aneka bentuk dan warnanya menunjukkan keindahan dan bernilai seni yang dapat menstimulus kecintaan anak pada keindahan dan keteraturan.

Itulah permainan ular tangga beserta manfaatnya untuk anak terutama anak usia dini. Dan untuk yang muslim,sangat direkomendasikan menggunakan ular tangga islami. Kata-kata positifnya sangat baik untuk dikenalkan ke anak.

Wallahu’alam

Ular Tangga, Permainan Sederhana yang Mencerdaskan dan Mensolehkan Anak Ular Tangga, Permainan Sederhana yang Mencerdaskan dan  Mensolehkan Anak Reviewed by Aa Fajar Sang Fakir Ilmu on Tuesday, June 30, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.